27 September 2020

Herman Gelly - Litograf-01

Litograf-01


Saya kenal dia sejak 1977...
Herman "GELLY" Effendi, yang termuda dari tiga orang putra Bapak/Ibu Soeharsono, ketika itu adalah adik kelas saya di SMA Negeri 3 Jakarta. Pengunjung kantin yang setia setiap waktu istirahat sekolah... tempat saya mengamatinya sebagai seorang sahabat yang lincah dan murah senyum, bukan sebagai pemain keyboard... multi instrumen yang justru menjadi andalannya dalam SYMPHONY, kelompok kami yang baru melepas album rekaman pertama di bawah judul 'Trapesium' pada bulan Juli 1982 yang lalu.
Lima tahun bergeser...
Saat yang cukup pantas baginya untuk tampil ke depan. Tidak perlu terlalu tinggi... atau terlalu jauh, yang sepantasnya saja sesuai dengan keadaan dan kemampuan, itu lebih baik saya kira.
LITOGRAF 01 adalah debutnya di luar SYMPHONY. Alat pencetak... nama yang ditemui dalam sebuah pameran yang berhubungan dengan mata kuliahnya di Fakultas Tehnik Arsitektur Universitas Trisakti Jakarta, seperti yang dituturkannya pada saya.
Segera saya siapkan bahan (sarana) untuk menyusun kalimat... mencari titik awal dari mana harus mulai, ketika malam sebelumnya dia datang meminta saya untuk menulis prakata ini. Tidak luput pula, master rekaman ini saya perhatikan... melengkapi ide untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Akhirnya harus saya katakan bahwa dia punya banyak bekal untuk mencapai puncak karir dan prestasi sekalipun jalan itu masih panjang.
Untuk Ulang Tahunmu
29 Nopember 1982
Jimmy Paais - SYMPHONY

Terima kasih kepada:
* Tuhan YME disertai puji & syukur kepadaNya
* Kedua orang tua saya tercinta
* Bapak ST Widyanarto, sdr. Lilip yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk membuat album ini.
* Sdr. Alfian, sdr. Enteng Tanamal atas segala bantuan dan partisipasinya selama pengerjaan album ini.
* Sdr. Jimmy Paais, Boedi Soesatio atas segala saran dan idea-ideanya
* Freddy, Dorrie, Iwan, Roland, dll atas ketabahannya menemani saya setiap "dini" hari.
(Herman Gelly)

Masa pengerjaan album: Oktober - November 1982
Seluruh pengerjaan lagu & aransemen musik oleh Herman Gelly

Herman Gelly Effendi: Vocal, accoustic piano, fender rhodes, propet 5, solina string, saturn 09, mini moog, yamaha ps 20, fender jazz bass, electric guitar, ovation guitar, hammond organ, perkusi
Uce Hudioro: Drum

Produksi: Granada Record
Penata Rekam: Freddy Ralahalo
Mixing: Freddy Ralahalo, Herman Gelly
Studio: Yoan Record
Penanggung Jawab: Dorrie Kalmas
Perancang Grafis: Boedi Soesatio


Herman Gelly: Litograf-01 Side A
1 Kedamaian Herman Gelly Herman Gelly
2 Menanti Saat Yang Kan Tiba Herman Gelly Herman Gelly
3 Catatan Semusim Herman Gelly Herman Gelly
4 Tersesat Bagoes AA / Herman Gelly Herman Gelly
5 Remaja Achir November Herman Gelly Herman Gelly




Side B
1 Litograf Herman Gelly Herman Gelly
2 April (Mop) Herman Gelly Herman Gelly
3 Suka-Suka Herman Gelly Herman Gelly
4 Janji Yang Sederhana Herman Gelly Herman Gelly
5 Penantian Herman Gelly Herman Gelly

Catatan:
Di bagian lirik pada cover:
- lagu "Remaja Achir November" berjudul "Renungan Akhir November",
- "Litograf" berjudul "(Kisah) Litograf Sepuluh Warna", dan
- lagu "Penantian" tidak ada liriknya, namun ada lirik lagu berjudul "Diantara Tantangan dan Harapan" yang mungkin tidak jadi dimasukkan ke dalam album.

 

 

Tidak ada komentar: