13 September 2020

Kelompok Kampungan - Mencari Tuhan

Mencari Tuhan


Bram MakahekumDasar Pemikiran Musik
Pernah disuatu pagi disebuah kampung dekat pantai Selatan, ombak menderu-deru dan menghentak-hentak bagai suara gendang ditabuh, deru angin menggesek pepohonan bagai gesekan biola berduet dengan cello, suara serangga dari bebukitan seperti bunyi alat-alat kecil perkusi terbuat dari besi dan kayu, suara ayam-ayam jantan berkokok bersahut-sahutan seperti suara bass yang sesekali muncul, burung-burung berkicau di udara seperti melodi yang bersahut-sahutan, semuanya menjadi satu keseluruhan, begitu harmoni terdengar ditelinga.

Suasana ini begitu kuat mencekam indera pendengaran sehingga seakan-akan indera lainnya seperti tak ada. Dalam keadaan asyik mendengar ini tiba-tiba terlintas dalam benak suatu kesadaran bahwa semua bentuk musik itu berasal dari bunyi, jadi dengan alat apapun asal bisa menimbulkan bunyi dapat menjadi musik, tergantung dari selera, ingin memakai alat-alat yang berasal dari jenis besi, kulit, logam, kayu, yang ditiup atau ditabuh, atau digenjreng dlsb.

Rasa terima kasih kami untuk:
Ukik - Yohannes - Indra - keluarga Cipto Tawakal XI/37 Rakhmat Somadijaya - Purwanto - mas Lakon - Yose Rizal - Yayat - Rusli - mas Willy - Iman Subardi - Tabah Wicaksono - saudara-saudara di Bengkel Teater - mbak Narti - Nani Makahekum - mas Andi katak-ketik - Albert - Manto - mas Marjuki - Dannes Item, dan Bung Hartono direktur Akurama Records yang telah membantu sehingga terlaksananya rekaman ini.
wah... hampir lupa pada Ron Reeves yang meminjamkan alat-alat perkusinya thank's Ron. Dan juga pada Ian Antono untuk Guitar String (12 snar)nya.

Pidato yang ada didalam lagu Bung Karno adalah cuplikan pidato beliau pada peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. tahun 1964 di Istana Negara (dari dokumentasi Mardjuki).

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, khususnya kepada para pendukung album ini, peranannya dalam pembuatan album ini tidak bisa ditulis secara utuh karena covernya sudah lengket kena air; info yang bisa diselamatkan hanya berupa gambar ini:


Kelompok Kampungan - Mencari Tuhan Side A
1 Bung Karno Bram Makahekum Kelompok Kampungan
2 Ratna Bram Makahekum Kelompok Kampungan
3 Mereka Mencari Tuhan Bram Makahekum Kelompok Kampungan
4 Catatan Perjalanan Joko / Haryono / Bram M / Dodo Kelompok Kampungan




Side B
1 Hidup Ini Seperti Drama Bram Makahekum Kelompok Kampungan
2 Berkata Indonesia Dari Yogyakarta Jabo / Bram Makahekum Kelompok Kampungan
3 Wanita Bram Makahekum Kelompok Kampungan
4 Terlepas Dari Frustasi Bram Makahekum Kelompok Kampungan
5 Aku Mendengar Suara Bram Makahekum / Rendra Kelompok Kampungan

 

Tidak ada komentar: