09 September 2020

Vina Panduwinata - Citra Biru

Citra Biru


Vina, nama panggilan yang manis dan mudah diingat. Namun lengkapnya: Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata, lahir di kota hujan Bogor tanggal 6 Agustus 1959. Ayah berasal dari suku Sunda, sedangkan ibu dari Kawanua, Ambon.
Sejak kecil Vina telah menampakkan bakatnya, ia pernah menjuarai Festival Pop Remaja antar sekolah & lomba nyanyi Sunda di kota kelahirannya, juga sebagai finalis Festival Pop Remaja se-Jabar. Bakat seni anak ke-8 dari 10 bersaudara ini diwarisi dari ibunya.
Gadis ini bersama keluarganya telah mengisi masa remajanya lebih banyak di negeri orang, a.l. India, Belanda & Jerman Barat. Untuk negara yang terakhir ini Vina tinggal cukup lama di kota Hamburg. Disana Vina tidak saja menuntut ilmu tapi juga mengembangkan karier di bidang seni suara. Dengan warna vocal yang khas serta penampilan yang meyakinkan, pada tahun 1977 Vina ditarik sebuah perusahaan rekaman disana untuk membawakan lagu dalam bahasa Inggris dengan judul "Java" di samping 3 buah lagu lainnya. Atas desakan teman-teman se negara & juga keluarganya agar melanjutkan karier di tanah air sendiri, Vina kembali pada akhir tahun 1979.
Album perdananya di Indonesia diberi judul "Citra Biru" ciptaan James F. Sundah yang lebih dikenal sebagai pencipta "Lilin-Lilin Kecil". Walaupun banyak pencipta lagu mengisi album ini, namun telah terbaur membentuk suatu kesatuan yang khas. 4 orang komponis muda lainnya yang turut mendukung album ini a.l. Rudy Gagola, Dodo, Billy J.B., Chris Manusama si pencipta lagu "Kidung". Lagu "Aku Cinta Kau", "Bahagia", "Denny" merupakan lagu berirama riang buat anda yang berjiwa muda. Sedangkan lagu sendu & lembut dapat anda nikmati pada lagu "Mawar Merah", "Rindu", "Murka" yang akan membuat anda terbuai mesra. Lagu "Salam Kami Dalam Lagu" khusus disajikan buat anda yang menyukai lagu 'folk', perpaduan vocal Vina dengan backing koor begitu harmonis & kompak. Harapan Vina semoga album perdananya ini dapat menambah semaraknya cakrawala musik pop di tanah air. Selamat menikmati !!!

Aransemen dalam album ini diolah bersama oleh Rudy Gagola, Dodo, Darwin, James F. Sundah, Billy J.B., Jose, Chris M. Manusama.
Backing vocal: Kerry, Chris & Morgan


Citra Biru Side A
1 Mawar Merah Rudy Gagola Vina Panduwinata
2 Citra Biru James F Sundah Vina Panduwinata
3 Aku Cinta Kau James F Sundah Vina Panduwinata
4 Bahagia Rudy Gagola Vina Panduwinata
5 Rindu Rudy Gagola Vina Panduwinata




Side B
1 Khusuk Chris M Manusama Vina Panduwinata
2 Denny Rudy Gagola Vina Panduwinata
3 Jejaka Sendu Billy J Budiarjo / Amir Vina Panduwinata
4 Murka Rudy Gagola Vina Panduwinata
5 Salam Kami Dalam Lagu Chris M Manusama Vina Panduwinata

 

Tidak ada komentar: