11 Oktober 2020

Bangkit Sanjaya - Bintang di Angkasa

Bintang di Angkasa


Prakata
Tangan Tuhan menuntun album Bintang di Angkasa milik Bangkit Sanjaya akhirnya edar di pasaran. Sejatinya album warna-warni jenis musik ini, telah melewati masa rekam panjang, 4 Presiden dan 2 Pemilu. Dimulai dari era sebelum tahun 1997, tatkala Indonesia dipimpin oleh Soeharto, kemudian Habibie, Gus Dur sampai Megawati, Bintang di Angkasa mengalami penggodokan, untuk memberi sentuhan aktualitas dan relevansi sosial.
Dimulai oleh kerja Arthur Kaunang sebagai Music Director, lagu Selamat Tinggal karya Dody Lesmana direkam. Sewaktu pindah di studio Ara - Lebak Bulus, dengan memasukkan string oleh violinis Henry Lamiri, tiba-tiba Bangkit mendapat berita duka, Dody Lesmana - sahabatnya yang pencipta lagu Selamat Tinggal - wafat. Lagu ini sejatinya pernah direkam oleh penyanyi lain, namun belum sempat naik jadi lagu hit. Kini, melalui video klip garapan Rizal Mantovani, Selamat Tinggal versi Bangkit Sanjaya diharapkan dapat memberi ruang kebanggaan bagi almarhum Dody Lesmana dan keluarganya.
Aktualitas lain yang tercipta pada album Bintang di Angkasa adalah peran para musisi muda generasi di bawah Arthur Kaunang. Didit Plastik misalnya, memberi 'roh' pembaharuan melalui beberapa petikan gitar dan pencarian sound modern melalui studi digital Vidi Vici, termasuk perannya dalam mengajak Ipank - kini vokalis BIP - ikut menulis lagu Bintang di Angkasa yang bercorak rock alternative. Sementara, saya - Bens Leo - meminta bantuan Dade, mantan bassist Oppie - BOP, untuk memberi sentuhan funk pada lagu-lagu tertentu yang membutuhkan. Ditambah dengan lagu Konflik (Dody Lesmana / Bangkit Sanjaya) dan Serbuk Setan (Bangkit Sanjaya), lengkap sudah aktualitas dan relevansi sosial isi album ini. Dua lagu ini mengajak orang bersatu dan menjauhi jeratan narkoba.
Akhirnya, melalui HP Records di bawah Bapak Hadi Sunyoto selaku Distributor dan Co-Produser dan mbak Atilah Soeryajaya dan Mamin HS selaku Eksekutif Produser, Bintang di Angkasa edar juga. Semoga album ini dapat memberi ruang apresiasi bagi Anda pencinta musik Indonesia, seperti gemerlap Bintang di Angkasa.
Jakarta, Mei 2004
Bens Leo
Untuk Bintang di Angkasa

Tim Produksi
Music Director: Arthur Kaunang & Didit 'Plastik'
Koord Kreatif: Doddy Lesmana (Alm.) dan Bangkit Sanjaya
Eksekutif Produser: Atilah Soeryajaya & Mamin Miranti HS
Co-Produser: Hadi Sunyoto
Produser Pelaksana: Bens Leo
Sound Engineer & Studio: Mas Harry (Triple M), Mas Is (Billboard), Agil / Emon / Didit 'Plastik' (Vidi Vici), Gajah Mada dan Musica
Foto Cover Album: Darwis Triadi
Penata Kostum: Itang Yunasz
Perancang Grafis: Sara & Immam Esha
Sutradara Vido Klip I: Rizal Mantovani ('Selamat Tinggal')
Produksi / Distributor: HP Record & Musica Studio.

Ucapan Terima Kasih
Puji syukur ke hadirat Allah SWT, akhirnya saya bernyanyi lagi atas izin-Nya dan restu dari Bunda tercinta Ibu Zaerah serta Ayahanda KPH Sanjoyo HS serta Kakanda Bambang sekeluarga, Atilah dan Edward Soeryajaya. Tak lupa adik-adik tersayang: Mamin, Nanis dan Mario, Aron dan Anto, Ati juga Mami di BSD (pokoknya sekeluarga deh).

Ucapan berjuta terima kasih:
Atas dukungan Mas Bens Leo, Mbak Endang, juga crew BL-Produktama yang gak bosen-bosennya selalu membantu. Rekan-rekan pers: Mas Arif dkk, Amazon, Bang Remi Soetansyah (yang selalu memberi dorongan untuk hadir kembali), Mbak Ully Sigar dengan Vidi Vicinya. Anak-anak Menteng, Tebet, Kebayoran, juga Mas Guruh dan GSPnya. Irene dan Nanda sekeluarga. Bapak Fuad Bawazier, Iwan Cafe, Teddy dan rekan-rekan di Kahmi juga. Tak lupa, sobatku Bodrex.

Pendukung Album Bangkit Sanjaya:
Lead Guitar: Arthur Kaunang, Andre Pondok Gede, Bang Alfa di Condet, Alm. Doddy Lesmana, Piyu 'Padi'
Rhythm Guitar: Andre Pondok Gede, Piyu 'Padi', Didit 'Plastik'
Drum: Rudy, Rere
Bass Guitar: Arthur Kaunang, Mates, Alm. Doddy Lesmana, Dade 'BOP'
Keyboard/Piano: Arthur Kaunang, Alm Doddy Lesmana
Computer Program: Didit 'Plastik'
Biola: Henry Lamiri
Operator: Mas Harry, Mas Is, Didit, Agil, Emon Vidi Vici
Backing Vocal: Bonita, Sara, Arthur Cs, Ipank 'BIP'
Studio: Ara, Billboard, Triple M, Gajah Mada, Vidi Vici, Musica
Mastering By: Hoklay

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya buat Bapak dan Ibu H. Sachrip sekeluarga, atas kepergian putranya almarhum Dody Lesmana yang telah banyak mendukung terciptanya album ini. Kami semua turut berdo'a semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya. Amien.

Special Thanks:
Bapak Kusrin Hood, Baba Hamid Ats juga Mama Farida sekeluarga atas segala dukungan (masakan kesukaanku) baik moril maupun materiil. Tak lupa Sara, terkasih yang selalu support dan dampingi sampai terjadinya album ini. Matur nuwun nggih... Juga staff HP Record & Musica: Monica, Dwi, Neng, Deny, Darto, Awan Toha, Mahmud. Thanks ya...


Bangkit Sanjaya - Bintang di Angkasa Side A
1 Selamat Tinggal Dody Lesmana Bangkit Sanjaya
2 Mereka Dody Lesmana / Bangkit Sanjaya / Ari Bangkit Sanjaya
3 Jangan Banyak Bicara Harry Kuda Bangkit Sanjaya
4 Surak Dody Lesmana Bangkit Sanjaya
5 Kembali Bangkit Sanjaya Bangkit Sanjaya




Side B
1 Bintang di Angkasa Didit Plastik / Ipank Bangkit Sanjaya
2 Konflik Dody Lesmana Bangkit Sanjaya
3 Senyummu Dody Lesmana Bangkit Sanjaya
4 Terpidana Mati Bang Alfa Bangkit Sanjaya
5 Serbuk Setan Bangkit Sanjaya Bangkit Sanjaya

 

 

Tidak ada komentar: