27 Oktober 2020

Franky & Jane - Siti Julaika

Siti Julaika

(dan Durakim buruh pabrik gula)



Musik yang dimainkan - bisa jadi yang digemari - orang disini semakin beragam. Franky & Jane, tak pelak lagi, adalah duo yang pertama kali melejit dengan warna country - yang tegas - disini, lewat rekaman Musim Bunga (1977).
Sukses kaset tersebut di pasaran, mungkin disebabkan oleh kejenuhan publik pada jenis-jenis musik sebelumnya. Tapi sukses itu juga membuktikan bahwa country tak hanya bisa akrab dengan koboi-koboi di Amerika. Ternyata ia - setidak-tidaknya - bisa pula dimainkan orang Ambon dan diterima ribuan tetangganya. Jejaknyapun lantas diikuti musikus lainnya.
Toh sejenis yang satu ini belum membosankan. Bahkan awal dasawarsa ini ditandai kian meluasnya kegandrungan pada country. Beberapa nama bisa disebut. Barangkali karena country menyediakan keleluasaan untuk menampung kegelisahan sosial si pemusik, lewat thema-thema liriknya.
Sejak awal pertumbuhannya di benua sana, thema lirik musik jenis ini memang banyak mengungkapkan kepincangan dalam masyarakat sekitarnya. Baik secara pedih baikpun secara banyolan. Dengan bahasa Indonesiapun ternyata bisa. Franky & Jane dengan album-albumnya Kepada Angin dan Burung-Burung (1978), Dan Ketuk Semua Pintu (1979), serta Panen Telah Datang (1980) sudah membuktikannya.
Meskipun, pada akhirnya, bahasa adalah bahasa, Barat atau Timur hanya mata angin. Yang terpenting, Franky telah meresap dan memproses musik, lewat napas yang dihirupnya setiap hari. Sedemikian rupa sehingga hasilnya adalah suatu kepribadian - kalau boleh dibilang begitu.
Disamping pengucapannya - dibarengi sikapnya - yang makin jelas, ia juga makin khas. Padanya, country tak lagi cuma warna. Lebih dari itu: sudah merupakan semangat. Ia bicara sebagai anak Indonesia hari ini - yang sedang mengembangkan diri, leih jauh. Namun yang diungkapkan dalam albumnya yang terbaru ini, dengan seluruh lirik bikinan Yudhis, adalah masalah kita yang paling dekat.

Para musisi album Franky & Jane Vol. 5:
Yoseph R.: Bass / Electric / Accoustic Guitar
Ade S.: Drum / Translate
Franky S.: Accoustic Guitar / Harmonica
Rully Johan: Piano / Keyboards
Ramly Noordin: Clarinet
Yudhianto: Flute / Recorder / Clarinet
Suryati S.: Violin
Edo: Violin
Ahmad S.: Viola
Zulkifly: Cello
Amir Katamsi: Trombone
Didiet: Trompet
Om Banteng: Cabassa
Rully Djohan, Edwin: Rec. Engineer
Irsan: Ass. Rec. Engineer
Jame Arief, Baby Olivia: Child Voices

Studio Rekaman: Jackson Recording Studio
Musik: Franky Sahilatua
Disain & Fotografi: James F Sundah, Loeloe S.


Franky & Jane - Siti Julaika Side A
1 Siti Julaika (dan Durakim buruh pabrik gula)   Franky & Jane
2 P.P.D.   Franky & Jane
3 Percakapan Akhir Pekan   Franky & Jane
4 Hari Ini Telah Terbaca   Franky & Jane
5 Ada Kau & Aku Tanpa Mereka   Franky & Jane
6 Cinta Remaja   Franky & Jane




Side B
1 Nyanyian Pendaki (atau Hanya Jejak)   Franky & Jane
2 Bukalah Jendela Kamarmu   Franky & Jane
3 Sedikit Saja, Sedikit Saja   Franky & Jane
4 Anak-Anak Negeri   Franky & Jane
5 Balada Joni dan Nani   Franky & Jane

 

 

Tidak ada komentar: